Senin, 29 Oktober 2012

Ternyata Yang Aku Pikirkan Itu Salah #tentangSamsat

Ceritanya hari senin kemarin nih aku disuruh masku datang ke rumahnya di Kerek yang berjarak 20an kilometer dari tempat kosku di Perbon, Tuban. Tanpa basa-basi, langsung aja meluncur ke situ meskipun gak tahu mau disuruh apa atau nanti disitu mau ngapain aja.
Perjalanan 30menitan yang mendebarkan (jalannya berkelok-kelok kayak cacing kepanasan) aku laluin sendirian (udah terbiasa) sampai akhirnya nyampe. Pas udah nyampe itu, jarak beberapa menit gitu mas aku bilang kalo aku disuruh ngurusin perpajakan kendaraan bermotor di Samsat mau atau enggak.

nungguin di kantor samsat, gak sampe 10 menit lho :)


Ciyus, aku disuruh berurusan sama samsat? Baru kali kemarin itu lho aku dapet pilihan beginiin dan entah kenapa ada pergolakan rasa yang teraduk-aduk dalam batin pas waktu itu. Antara kepengen nyoba ngurusin pajak tadi di kantor samsat sama rasa takut was-was kalo nanti pas ngurus tuh pajak disana malah jadi korban calo ^_^
Singkat cerita, aku terima perintah dari masku tercinta itu :D padahal belum lama aku berada di Kerek lho, udah harus balik lagi ke kota Tuban buat urusan pajak-memajak kendaraan. Sampai di kantor samsat *degdeg#ceritanyadeg-degan diriku kayak orang  linglung gak tau apa yang mesti dilakuin disana.
Aku coba nanya ke kios fotokopi, aku disuruh langsung aja masuk ke kantor lewat pintu berkaca yang tadi gak sempat terlihat olehku. Pas udah didalem kantor itulah, semua pemikiran burukku soal pelayanan samsat (juga pelayananan publik lainnya, terutama dikota Tuban tercinta) terbukti salah 100%.

ternyata ibu-ibu pegawai samsatnya ramah-ramah, maaf ya bu udah mikir negatif soal pelayanan samsat

Di kantor itu, pelayanannya enggak jauh beda sama pelayanan di bank #lhohapahubungannyasamabank. Kalo biasanya kan di kantor-kantor pelayanan publik seperti itu pelayanannya kurang memuaskan dan terkesan apa adanya, hal itu enggak berlaku di kantor samsat kemarin. Petugas-petugasnya terlihat rapi, senantiasa senyum dan yang pasti sangat man friendly lah kayak pelayanan di bank yang pelayanannya ramah itu-tuh.

ganteng gak nih masnya? #halah, gak penting, yang penting kerjanya profesional sama gak ngecewain

Aku yang baru pertama berurusan sama samsat akhirnya bisa membayar pajak kendaraan bermotor dengan cepat meskipun tanpa lewat jasa calo dan dapet sebuah hal baru, pelayanan yang ramah dari petugas di kantor samsat #iniyangngebuatsenang. Harapan yang tinggi pun menggantung di benakku, berharap pelayanan publik lainnya semacam ini juga memberikan pelayanan ramah, cepat dan mudah bagi masyarakat agar kesan angker yang melekat pada pelayanan publik tersebut hilang dari pemikiran orang awam.
Dan semoga aja Indonesia Raya semakin bersih dari praktek percaloan, KKN dan praktek-praktek kotor birokrasi lainnya. #Aminnn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar